Perjalananku ke Kota Solo

Tanggal 16-18 January 2013 kemarin, gw baru aja pergi ke kota Solo, disaat Jakarta sedang terkena musibah banjir dan kantorku di bilangan Sudirman pun gak luput dari serangan air bah..

Kepergian gw kali ini adalah untuk melakukan study qualitative di kota budaya ini, walaupun sayangnya gw ga sempet mengunjungi beberapa teman yang ada di Solo tapi gw sempet merekam beberapa foto selama business trip ini.

Ini sebenarnya baru yang kedua kalinya gw ke kota ini dan kali ini gw nginep di Fave Hotel di Solo Baru. Hotel ini adalah seri kedua dari Fave Hotel di kota ini, dimana yang pertama dibangun berlokasi di jalan Adi Sucipto.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Hotel ini termasuk hotel bintang 3 yang cukup nyaman dengan budget yang lumayan miring (karena lagi promo juga *Rp 300rb an/malam), hotel ini sepertinya satu group dengan Aston Hotel, terlihat dari tulisan “Hotel by Aston” di dalam lobby hotel ini. Designnya sangat menarik dengan dominasi warna ungu dan juga design kamar hotel minimalis yang menarik. Overall gw ngerasa sangat nyaman dengan hotel ini, walaupun sebenarnya ada sedikit minusnya ketika di malam hari ternyata kamar hotel ini tidak terlalu kedap suara karena terdengar suara jeritan2 galau dari kamar sebelah,, hadeeh… hahaha.

Mosaic

Hotel tempat gw menginap ini berlokasi di Solo baru, yup New Solo. Ini hampir mirip kota satelitnya kota Solo dimana strukturnya sangat berbeda, lebih modern dan banyak sentuhan artistik yang sangat berbeda dengan kota Solo yang kental akan budaya dan tradisionalnya. Tepat diseberang hotel sedang dibangun The Park, sepertinya adalah suatu  kawasan yang sangat luas, dimana informasinya the Park Solo Baru Mall akan difungsikan sebagai mal, convention center, shop house, hotel dan office park.. Disampingnya juga terdapat Mall, jadi sebenarnya Solo Baru ini adalah konsep Solo untuk business center juga sepertinya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Seperti biasa, setelah gw selesai dengan kerjaan biasanya gw sempetin jalan-jalan di kota ini, ya walaupun gak punya terlalu banyak waktu tapi setidaknya bisa mengobati rasa lelah setelah bekerja.

Adalah Sekaten, event masyarakat Solo yang biasa diadakan setiap tahunnya. Sekaten itu sebenarnya kalau menurut gw adalah bazaar / pasar malam rakyat yang cukup ramai dan luas. Pada waktu Sekaten diadakan, katanya si juga ada arak-arakan Keris2 pusaka keraton yang dibawa keliling kota, cuman katanya itu baru diadakan tanggal 20 Jan ini, sayangnya gw sudah terbang balik ke Jakarta.

Sekaten merupakan cara masyarakat Jawa memperingati hari kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW. Perayaan khas Jawa ini berlangsung sejak awal penyebaran Islam yang dilakukan Walisanga. Sekaten berasal dari katasyahadatain atau dua kalimat syahadat yang menunjukkan kesaksian pemeluk agama Islam atas keesaan Allah SWT dan kenabian Muhammad. Selain digelar pasar rakyat yang memasarkan souvenir dan kerajinan tangan, perayaan Sekaten dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan tradisi serta pameran benda-benda pusaka di keraton. Prosesi ritual berupa dibunyikan gamelan klasik Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari mulai pukul 09.00-24.00 (hanya istirahat saat waktu salat) di Bangsal Masjid Agung.” Eventsolo.com

OLYMPUS DIGITAL CAMERAOLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sekaten 2013 ini diadakan di  Karaton Kasunanan Surakarta, Alun-alun Utara Karaton Kasunanan Surakarta, tapi berhubung gw kesitu sudah menjelang malam, jadi cuman bisa narsis-narsis sedikit gak bisa masuk kedalam keraton.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Yup, cuman sekian saja perjalanan 3 hari 2 malam gw di kota Solo ini, dan bersiap lagi menuju Jakarta yang setelah diterpa banjir maka ramalan gw buat dapetin taxi burung biru di bandara menjadi kenyataan, 2 jam penantian T_T tapi alhamdulillah Jakarta sudah bisa diakses lagi dan kemacetan sudah berkurang waktu gw pulang.

Sekyan.

2 thoughts on “Perjalananku ke Kota Solo”