Hati-Hati Razia Polisi Gadungan!

@IRNewscom I Jakarta: AKHIR-akhir ini di jalan, baik di kota besar maupun kota kecil banyak berseliweran dan dijumpai Polisi gadungan dengan seragam mirip Polisi asli.

Bagi Anda pengendara roda dua dan empat mesti berhati-hati jika di razia oleh Polisi. Bahkan di Jakarta banyak sekali ditemukan Polisi gadungan yang suka melakukan operasi sendiri tanpa surat perintah.

Polisi aspal itu melakukan razia di tempat gelap atau tikungan jalan yang sepi pada malam hari atau siang hari, dan tanpa tanda apapun.

Dikutip dari keterangan Divisi Humas Mabes Polri yang mengimbau, para pengendara untuk tetap berhati-hati dan jangan takut untuk bertanya kepada pemeriksa (Polisi atau petugas lain) yang melakukan razia di jalan.

Bila Anda menemukan oknum Polisi gadungan, maka disarankan untuk segera melaporkan ke kantor Polisi terdekat. Agar tidak tertipu Polisi aspal saat melakukan razia, sebaiknya lakukan tips berikut ini:

Minta Surat Tugas

Polisi yang melakukan razia di jalan itu biasanya mendapatkan surat tugas dari atasan atau instansi Kepolisian. Surat perintah tugas itu dikeluarkan oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk pemeriksaan yang dilakukan oleh Petugas Polisi Negara Republik Indonesia dan dikeluarkan oleh Menteri untuk pemeriksaan yang dilakukan oleh pemeriksa Pegawai Negeri Sipil.

Di dalam surat perintah itu menyatakan:
1. Waktu pemeriksaan
2. Tempat pemeriksaan
3. Alasan dan jenis pemeriksaan
4. Penanggung jawab pemeriksaan
5. Daftar petugas pemeriksa
6. Daftar penyidik yang ditugaskan selama dalam pemeriksaan

Namun, bila Polisi yang memeriksa pengendara tidak menunjukkan surat tugasnya, maka Anda patut waspada terhadap Polisi itu. Bisa dipastikan Polisi yang menilang Anda adalah Polisi gadungan.

Tanyakan Kartu Anggota

Bagi pengendara disarankan untuk berani menanyakan kartu anggota si pemeriksa (Polisi) yang melakukan razia. Pada umumnya, Polisi gadungan atau aspal ini biasanya melakukan razia biasanya hanya memakai seragam Polisi, namun ditutup dengan jaket agar tidak terlihat papan namanya.

Gertak Dibawa ke Kantor Polisi

Jika Anda menemukan Polisi yang sedang melalukan razia di jalan, sambil menggertak pengendara menakuti untuk dibawa ke kantor Polisi terdekat atau bahkan menyita kendaraannya. Maka Anda wajib waspada.Bisa jadi Polisi itu merupakan Polisi gadungan.

Minta Surat Tilang

Bagi Pengendara yang berpapasan dengan Polisi yang sedang melakukan razia, IRNews menghimbau untuk tidak panik dan tetap tenang. Jika Polisi menanyakan surat kendaraan Anda, jawab dengan sikap sopan dan ramah.

Namun, jika surat kendaraan Anda lengkap, tapi Polisi itu tetap mencari kesalahan, Anda harus berani menantang untuk meminta surat tilang dari Polisi yang melakukan razia etrsebut.

Jika pemeriksa bertele-tele tidak mau mengeluarkannya, maka Anda harus berhati-hati. Bisa jadi yang melakukan pemeriksaan atau razia tersebut merupakan Polisi atau petugas gadungan.

Sumber : http://indonesiarayanews.com/news/gaya-hidup/03-20-2013-04-39/kenali-polisi-gadungan-ini-tips-terhindar-dari-razia-polisi-aspal

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Hati-Hati Razia Polisi Gadungan!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s