Battles of Smartphones – Smartfren Andromax Review

Well, udah lama banget ya gak nge blog. Tapi sekarang Berlandio mau sekali-kali bahas diluar dunia permotoran sedikit, tapi bisa buat menunjang kegiatan hobby kita ini dengan merekam moment bersejarah, foto2 keren pas touring dan juga buat navigasi. Hehe, apalagi kalau bukan smartphone.

Ok, ceritanya begini. Setelah sekian tahun Berlandio pakai Blackberry 8890 curve dari taun 2009 yang dengan setia menemani sebagai alat komunikasi andalan, tapi dengan gaya’ khas Blackberry yang sering hang,, *kalo gak hang si bukan BB, hhe. Maka akhirnya Berlandio yang tech savvy *halah,, tapi konservatif banget kalo soal gonta ganti gadget ini memutuskan buat beralih sepenuhnya ke Smartphone Android. Lagian, BBM kan nantinya bisa diakses di Android juga, jadi buat apalagi coba?. hehe.

Riset sana, riset sini, akhirnya Berlandio memutuskan buat beli smartphone yang belum terlalu populer di market sekarang ini, yaitu Smartfren. hehe. Alasan setiap pembelian yang Berlandio pilih itu selalu lebih ke value for money, ketimbang mengikuti trend technology yang kalo diikutin juga percuma, capek sendiri.. dan menghindari perilaku konsumtif dengan membeli produk yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.  Tapi sekali lagi, ini bukan promosi ya buat Smartfrennya sendiri,, hehe, hanya sekedar review dari bocah ingusan 😀

Kenapa Smartfren?

  •  Jaringan internet yang sudah Berlandio test dengan modemnya, cukup bagus, bahkan dengan biaya 50rb kita udah bisa dapat quota internet 2Gb + 1Gb gratis selama 12 bulan,, hmm.. Value for money *checked
  •  Jaringan CDMA, dengan teknologi network internetnya yg namanya EVDO, itu layaknya jalan tol dengan jumlah mobil yang gak terlalu banyak, karena memang usernya sendiri masih terbilang sedikit.
  •  Smartfren cukup agresif dalam meluncurkan productnya walaupun sebenarnya Smartfren itu adalah operator seluler, well tapi itu gak berarti dia gak bisa kerjasama dengan vendor handheld. Ini cukup menjadi point plus bahwa Smartfren memang selalu berusaha berinovasi. it’s a good point
  •  Dan ,, it’s not mainstream,, haha. Jadi bisa gaya karena yg lain pake hape Samsul, Ipon, dll… Eh sebentar,, gaya apa malah mati gaya nih? Haha.. Gak lah, it’s value for money, dengan smartphone harga terjangkau saja kita bisa produktif, so buat apa harus terlalu mahal? *kalau tau production cost dari sebuah unit Ipon juga ente pasti males dah beli harga beberapa juta :p
  •  Handheld  pilihan Smartfren memang kebanyakan dari ZTE, Hisense gitu, tapi bukan berarti Handheld itu gak bagus lho.

Apa yang akhirnya Berlandio beli? Yaitu, Andromax U & Andromax Tab 7.0 New. Cekidot:

So what’s great about this device?

  • Yang pertama, 1.2 Ghz dual core processor, hoho. Dengan prosesor begini mau multitasking pasti lancar jaya.
  • Display 4.5″ Dah cukup banget buat baca2 e-book, sama ngejunk di Prides Online.
  • Dual camera, front 2mb, rear 8mb. Kamera belakangnya bagus banget + auto focus + LED flash. Sangat cukup mumpuni buat mengabadikan moment2 pas touring.
  • OS defaultnya sudah ICS, tapi bisa di upgrade ke Jelly Bean 4.1.
  • GPS enabled. OK buat download Sygic map deh.
  • Design slim, apalagi kalau yang warnanya putih dah jadi kaya Ipon 😀
  • Layar bening dan tajam dengan teknologi One Glass Solution. Membuat layar terlihat tajam walaupun dari berbagai angle. Dan udah dapet screen protektor dari sananya. *sebenernya si kaya’nya gara2 gak ada logo Smartfren didepan produk Innos ini jadinya di screen protektornya ada emboss logo Smartfren, haha.

Cuman sayangnya:

  • RAMnya cuman 768Mb
  • Kamera belakangnya nongol gitu, jadi harus hati2 kalau belum dikasih cover
  • Kadang suka restart sendiri, ada yang bilang karena SD Card kurang support. Tapi gak tau si, cuman kadang2 aja kalau lagi overload terlalu banyak aplikasi yang dijalanin.
  • Vendor handheldnya dari Innos, belum terlalu aware sama kualitasnya dibandingkan Hisense
  • Battery cuman 1800, ya, dibandingin Leni si gak ada apa-apanya, haha.

Dan setelah semingguan ini Berlandio pakai, smartphone ini sangat lebih dari cukup untuk mengakses semua yang berhubungan dengan pekerjaan. Karena integrasi penuh Google untuk pekerjaan kantor sangat baik ditunjang oleh Android, mulai dari Google mail, Google Drive; tempat naroh semua file kantor dari ongoing project, Google Calendar buat manage task, appointments dan lain-lain. Hm mungkin nanti Berlandio share apa aja aplikasi yang jempolan buat support produktifitas kita di pekerjaan.

Kalau tentang kecepatan internetnya. Setelah dicek pakai speedtest, hasilnya:

Ping 74ms, Download 216kbps, Upload 151kbps. Cukup cepet kok, buat buffering youtube, cepet, gak tersendat-sendat.

Daya kerja prosesornya memang sangat mumpuni, multitasking tanpa lag sama sekali, tapi jangan ngomongin kinerjanya buat jalanin game ya, karena memang beli smartphone ini buat kerja aja bukan buat ngegame. Lalu tentang kameranya, ini hasilnya:

Original

Pake instagram

 

 

Ok, itu sekilas buat Andromax U. Kalau Andromax Tab 7.0

Tablet ini lebih untuk istriku, dan buat maenan si Rasya.

Kelebihannya:

  • Designnya keren lho, gak nyangka bener ternyata sekeren ini. Di kalangan tablet dikelasnya, designnya yang paling OK.
  • Prosesornya cukup mumpuni, tapi gak perlu dicoba buat di upgrade ke Jelly Bean ya, karena takutnya jadi berat.
  • Battery lumayan besar.
  • Support mini HDMI dan juga USB.

Tapi kekurangannya, chargernya colokannya kecil banget, dan hari ini begitu charger dicabut dari tablet, colokannya tertinggal didalam, terlepas dari jacketnya,, haduh haduh…

Memang Berlandio gak bisa ngomong terlalu banyak tentang tablet ini, karena bukan usernya memang. Tapi begitu beli produk ini, lalu baru aja sekarang ini, Smarfren mengeluarkan gadget barunya di seri Andromax, yang bikin kesel juga kenapa gak keluar kemaren-kemaren, hahaha.

 

Dunia memang kejam…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s