[Ride Report] Ujung Genteng

RR Ujung Genteng – From the Worst to the Sweetest! 🙂

Part 1. Awal perjalanan 

Alkisah berawal dari pembicaraan beberapa waktu yang lalu, hingga akhirnya gw putuskan bahwa touring kali ini bukan di hari Sabtu/Minggu biar gak mengganggu family time. Tanggal 29 & 30 Agustus kemarin gw putuskan untuk cuti, dan di hari Kamis gw khususin buat ngebengkel tunggangan gw si pulsar merah, Prime di Syndicate motor.
Hari Kamis itu gw akhirnya cuman service ringan soalnya buanyak bener yang udah ngantri dibengkelnya Rial itu.. Lalu gak lupa juga pasang charger TVS (bagus lho, lebih kokoh) buat ngecas HP bin GPS nantinya, hehe. Persiapan di rumah sudah siap, tools lengkap, jas ujan, baju celana ganti, kacamata item, sama gadget buat ngerekam perjalanan ini. Ohya, gak lupa gw download dulu Sygic, soalnya maklum, nubie ini baru pertama kali mau kesana, jadi gak tau jalan  Sekalian karena baru dapet yang versi full nya ini, buat kemana2 jadi gampang. Buat yang mau Sygic Full Version, nich gw kasih:
http://www.abbysoft.com/2013/05/sygi…-dan-peta.html

monggo disedot, cepetan tar ketauan sama pak Sigit, tar diblock tu web  

Persiapan fisik? Nah ini dia bekel dari rumah:

  

   Dibekelin suntik vitamin sama RI1,, 

Ehem,,,… ok back to topic. Awalnya ada sekitar 100 orang lah tu dari kepulauan Cibubur yang mau ikut touring ke Ujung Genteng ini, tapi akhirnya cuman gw dan satu orang lainnya,, sebut saja namanya Dojal,, eh,, Kristian. Seorang pemuda lugu yang gak pernah touring jauh, agak manja, tapi kadang2 agak manis juga kalo diliat pake sedotan dari monas  & kerjaannya bentar2 laper, pengennya makan ngemil mlulu.
Nich dia orangnya:

OK, cukup sudah ngeliat foto cupu dia, gw berangkat dari Cileungsi, lalu lewat Kota Wisata Cibubur,, spot yang bagus buat video dan foto pertama sebelum perjalanan:

Dan perjalanan pun dimulai, di hari Jumat 30 Agustus, jam 10:30 pagi.. Ini jalur yang kita rencana kita lewatin kata si Sygic: Bogor – Ciawi – Cikidang – Warungkiara – Jampang Tengah – Lengkong – Ujung Genteng  Kedengerannya aneh? Ya kita liat aja nanti yak 

Perjalanan asik dimulai dari tikum di Arundina dengan Kristian yang pake Side Box E20. Lewat jalan raya bogor dengan sebelumnya isi bensin full dulu di SPBU cimanggis.

OK lah,, pull teng *kalo kata urang sunda, kita lanjoet jalan,, ngang ngennggg ngongg,,, brakkk… bah,.. ada truk nabrak motor alay, mahluk 2 biji gak pake helm pas di lampu merah Lodaya. Kebetulan gw pas ada di belakang itu truk alhasil nabrak juga dengan sukses,, untung (dasar),, cuman kena handguard aja, lalu jatoh pelan ke kanan. Box hampir aja dilindes avanza dibelakang… Gw salah apa coba ya,, baru jalan dah begini  Tapi ya sudah, ini bukan kesalahan si truk juga, tapi gara2 motor alay itu yang dari kiri, lalu tiba2 mau belok ke kanan sekonyong2 koder.. Si abang tukang truk, gw nasehatin aja pelan2, bang, ati2 bang,, HG gw mahal  kalo rusak gimana tu? 

OK lah. Ngenggggg lagii!,, perjalanan baru aja sampe Tajur, lalu tiba2 tuas injekan rem belakang gw doll,, lho gw pikir ada apa ini,, setelah di cek ternyata, baut as buat di rem belakang ini lepas,,, bah.. ni gimana sih yang service rem belakang gw tempo hari  Akhirnya nepi dulu di bengkel mobil, buat numpang perbaikin sama beli baut 14.

  

Fiuh, ok lah,, selesai juga tu rem somplak gw perbaikin… duh maap ya ngerepotin.. Lanjut gas puol,, Lalu berenti di pit stop pertama buat makan siang, karena ada beruang kelaperan siang itu  di satu restoran di Ciawi.

Gak jauh dari Ciawi, nah disini petualangan belak belok ala side boxers dimulai, belok kanan ke Cikidang, rute cornerring dimulai 

  
Kristian




  
Nah ini tokoh utamanya 


Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Rute Cikidang ini ternyata cukup mendebarkan juga, banyak banget tikungan, aspalnya mulus juga lagi. Ditambah lagi, rutenya gak padet, jadi bener2 asik buat riding.
Selesai dengan cornering, gejala mencurigakan si Sygic mulai terlihat hehe. Pas di jembatan deket lokasi menuju Arus Liar, dia nyuruh kita belok ke kiri ke arah lokasi Arus Liar,, karena gw udah sempet lurus aja ikutin jalan besar,, tapi si Sygic tetep nyuruh puter arah, akhirnya gw coba tanya ke satpam Arus Liar. Ternyata ya emang bisa lewat situ tapi agak off road,, hmmm,,, menarik sekali ini,, tapi sayangnya sodara2, si manis manja Kristian gak mau lewat sana,, ya sudah lah apa boleh buat,, lanjooeett!! Malah foto2 dulu deh

  

Ok masih lanjut terus di jalur cikidang,, belak belok belak belok,, sampe puass.. Monggo diliat video singkat yang gw buat seala kadarnya ini,,  belom punya kamera HERO, huaaaaa

Sampe akhirnya kita sampe di daerah Pelabuhan Ratu.. Dan menurut Sygic, perjalanan kita masih jauh lewat ke arah WarungKiara. Lanjoet terus dengan jalan berkelak kelok lagi di daerah Pelabuhan Ratu ini,, jalurnya mantab, tapi tetep harus hati2 soalnya jalurnya gak semulus di Cikidang, hatti hattii..

  1. Part 2 – Kesasar 80 km

    Ok, sampe disini, cukup sudah ya foto2 miring tadi,, saatnya kita menjelajah!
    Setelah lepas dari Cikidang, kita lanjut ke arah Sukabumi,, sebenernya cukup terdengar aneh,,  tapi ya benar itu adanya, kita ke arah sana yang maksudnya bisa masuk ke daerah Lengkong tapi, sepertinya gagal total, karena Sygic bingung ngasih arah ke Lengkong… Sementara total distance dari Cikidang sudah sekita 40km, lewat arena tikungan2 tajam di pelabuhan ratu.
    Akhirnya, ada indomart dimana gw liat ada mobil, didalemnya ada bule unyu2,,, hmmm lalu ada orang dengan mimik mirip orang indonesia,,trus gw tanya, ehmmm eskussmi ser?,, maap mas? “eEhh iya mas ada apa”,,  orang indo kok,, gw cuman salah sangka dia dari afrika selatan  Gw udah mulai gak konsen ni kayanya.. sampe salah liat orang..
    Akhirnya gw tanya,, mas ini kalau ke arah Ujung Genteng kemana yak? “Bah,, jauh amat kelewatannya??,,  kamsud mas gimana?? “Iya kalo dari arah pelabuhan ratu mah ini udah kelewatan,, kalau lurus sana balik ke Sukabumi…” Emm,, sukabumi ya,, kota apa itu mas? saya baru denger? *pura2 pilon… “ya itulah, gak usah dibahas, tar RRnya gak kelar2 luh!” ,, e buset, tau aja gw mau bikin RR 
    Ok, tiba2 sang bule *bokapnya unyu2 dateng,,, “Whats up?? ” cieh,, “ooh,, ke Ujung Genteng??,, uuuhh kelewatannn!!” lah dia bisa bahasa indonesia juga.. “You balik aa, ke alah pelabuhan latuu,,”!!!!…. salah logat, maap..” You turn back to pelabuhan ratu ya,, lalu belok kiri setelah SPBU pertama sebelah kiri”,, Oh iyak,, siap Sir!!
    “By the way, nice motorcycle guys!” – baca guys ya,, bukan gays!

    Ok lah son,, kita balik maning sing pelabuhan ratu…

    “don’t ever trust GPS”- tuh bule berkata… *gw mah lagi bengong liatin bule ceweknya.. bodo ah lu mau ngomong apa….

    ********************************* skip skip, merang mereng,, sratt srettt srroooott… crot,, sampe deh di SPBU pertama sebelah kiri turn left itu.

    Nah,, ini yg gw bingung, abis di SPBU itu kok ada palang ke kiri belok arah Surade,, Ujung Genteng ya….  kenapa tadi dari arah sebelumnya gak ada ya?,… 
    Yah, by the way,, show must go on.. Isi bensin dulu lah ya, dah buang 80 km sia2 demi kelanjutan hidup si bocah Kristian yang lugu itu.. yg kepengen banget liat aer laut.

    Kiri Sir!,, Surade,, tar lewat Kiara2, bakal ada pertigaan lalu belok kanan,, kalo ke kiri itu polsek, dah salah jalan.. jadi.. belok kanan ya *kata bapak2 penunggu SPBU.. ok lah.
    Nah, ini udah jam 6:30 sore. Jadi dah agak gelap lah ya jalanan, mulai2 dag dig dug serrr dah. kata2 penunggu astral di daerah limus,, banyak begal di daerah Kiara2, apakah benar demikian??

    Jalanan ke arah Surade lalu masuk Kiara2 ini memang jalan berbelak belok tapi lobang gak karuan juntrungannya… bingung sama banyaknya lobang ini,, ditambah ada lampu sorot dari arah sebaliknya dari truk,, gw gak bisa liat jalan dan,, gebblukkk…! Lobang gede,, dan box Casandra gw jatoh,, nikung layaknya Marc Marques dengan desingan corneringnya yang khas nyaris kelindes ban truk yang buat karet tromol terkenal itu,,,,… . kenapa nasib gw buruk bener ni hari….
    Untungnya,,, legenda yang bilang Casandra a.k.a Casano bags itu gak bagus, terpecahkan,, ternyata box isi penuh onderdil dan baju anti H2O itu masih utuh dan LEDnya masih bersinar layaknya orang mau nangis……… sedih rasanya kalo inget2 lagi…

    Gak ada foto ya pas jatoh2 begitu sih,,, soalnya khan lagi serius tu..

    Ok lah,, pasang box lagi,, lanjut lah,, masa jagoan neon kalah sama beginian doang,, *boxkuuuuuuu baret2….
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    Ni pantai Ujung Gentengnya mana sih… Nanya orang, “kang ujung genteng masih jauh tah?” ,, oh dah deket 20km lagi tuch!,, nahhhh udah deket cuuuy!
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    Kristian: “Man,, masih jauh”..

    Berlandio: ……

    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    Nanya lagi lah ya,,,, dah laper juga nich.. beli roti dulu di indomart, nanya sama mba2 geulis pisan. “Teh ujung hatimu dimana?,,, eh salah, Ujung Genteng masih jauh?”,,, ohh,. 1 jam lagi lah, lurus terus a.,

    !
    !
    !
    !
    !
    !
    !
    Kristian: “Man,, Masih jauh?”

    Gw : “lu nanya lagi gw timpuk box lu’……

    Last edited by berlandio; 02-Sep-2013 at 10:09 PM.

  2. Post Thanks / Like
    Like smlkgitaris liked this post.
  3. 02-Sep-2013 09:17 PM#3
    berlandio's Avatar

    berlandio is online nowPRIDERIAN 180berlandio Penunggu PRIDES berlandio Penunggu PRIDES berlandio Penunggu PRIDES berlandio Penunggu PRIDES berlandio Penunggu PRIDES berlandio Penunggu PRIDES berlandio Penunggu PRIDES berlandio Penunggu PRIDES berlandio Penunggu PRIDES berlandio Penunggu PRIDES berlandio Penunggu PRIDES

    Send a message via Yahoo to berlandio Send a message via Skype™ to berlandio
    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Grand Nusa Indah Cileungsi
    Posts
    5,749
    Post Thanks / Like 
    Points
    821 (0 Banked)
    Rep Power
    29

    Part 3 – Ujung Genteng means : Ujung Dunia bagi Kristian

    Akhrinyaaa,, setelah, 1 jam berlalu kata orang di daerah diluar kekuasaan jin-jin Jonggol ini,, akhirnya kita sampe juga di Ujung Genteng 

    Dari tugu selamat datang itu ternyata masih setengah jam lagi riding,, ya iyalah masa jalan kaki…. 
    Sampe di pertigaan, tanya akang2 dimana penginapan itu berada?,, lalu katanya belok kanan.. ok lah. Belok kanan,, kok malah banyak Dangdut ajeb ajeb, bin ajib ajib, njab njib begini…. jadi ngeri, ini pantai ujung genteng apa genting highland ini,,, pfttt,, dah buyar bener ni konsentrasi,,,, ternyata luruuuuus terus, sampe lah di gerbang selamat datang di pantai pangumbahan.

    Lalu kita nginep lah di sana ya,, di penginapan yang namanya Pila Adel,, dimana penginapan yang laen nulis nomer telpnya di plang, yang ini tulisnya alamat email,, gw pikir,, ini penginapan modern di dunia dinosaurus penyu sapiens,, bakal ada home theater didalamnya, hot tub sama gratis odol sama sikat gigi.. eh,, ternyata gak juga,,  wkwkkwkw…
    Tapi dengan harga yang murah,, cuman 150ribu per malam,, kita dapet kamar yang paling gede,, cocok lah buat berduaan…
    kebetulan disitu juga ada guide, karena udah malem jadi kita rencananya pengen dapetin bisa ke pantai penangkaran penyu,,, jadi istirahat bentar lalu kita jalan lagi dengan dianter doi.


    Ok lah, molor dulu

    Posisi keren laennya:

    Gak nyangka gw seganteng ini kalo lagi tidur.

    Tiba2,, jam 12,, brsssssssssssssss!! Ujan gede!….. Gagal deh ke penangkaran penyu….. yah,,,  ok lah,, lanjut meluk kristian,, ehhh,, guling,.. eh,, gak ada guling juga,., T_T ngeringkuk aja lah dalam kesendirian….

    Ok lah,, Rise and Shine!..
    Pagi2 begini enaknya kita sarapan lalu cari pantai yang asik punya, ini dia laporannya:

    Ini pilanya nich:

      

    Pantai Pangumbahan

      

    Cari makan dulu 


    Ok lanjut foto lagi

    Menuju penangkaran Penyu

      

     

    Part 4 – Ujung Dunia, it’s like heaven 

    Ada yang bilang, kalo di surga itu luas banget, ada yang bilang juga ada bidadari cantik,, hmm,, tapi jalan kesana sulit…. benarkah??

    Kita coba ke ujung dunia pulau Jawa kali ini ya,, belum ke ujung dunia yang sebenernya dulu 

    Ok, sampe dimana kita ya,,, hmm.. dari pagi itu kita berangkat dari penginapan, makan lalu kita jalan teruuus ke arah pantai pasir putih, karena di jam segitu (jam 9 pagi) penangkaran penyu masih tutup eyy. Jadi kita lurus ke arah hutan dimana pada suatu jalan yang berliku,,, gw ketemu kejadian aneh kaya gini,,, dan tiba2 firasat gw mengatakan ada yang aneh bakal terjadi ni… *adrenalin meningkat
    Ini dia penampakan sosok aneh yang ngalangin jalan gw… *hati2 buat yg jantungnya gak kuat

      

    Zoom dikit


    Itu 2 mahluk gak bisa pisah,,,, dan ngalangin jalur gw dan gw ngakak sendirian di hutan,,,,, nah si kristian yg tadinya masih sibuk berenti gak pake klakson dibelakang gw lagi poto2 sendiri gak jelas, gw panggil n kita ngakak bareng2,,, 

    Jadi inget ini nich:

     gak bisa pisaah,,,  dosa apa tu mahluk 2 biji sampe gak bisa pisah ya,, 

    Dengan susah payah,, keringet bercucuran,, akhirnya gw dan kristian bisa ngelewatin mahluk itu,,, gak bakalan pernah gw lupain seumur hidup gw itu  ,,,.. kita berdua menuju jalur yang semakin rimbun di hutan pantai itu,,, sampe ketemu plang ini:

    :: sebentar lagi kita sampe di pasir putih!,
    Tapi sebentar, jalan kesana semakin menyempit dan akhirnya ini yang kita temuin:

      

    Jalanan hutan setapak itu akhirnya kita berhasil kita lewatin,,, tapi terus,, ini yang kita temuin selanjutnya,,,, *ini apaan sih, jalannya susah banget,,,,,,

    Tapi,, wow,, disana udah terlihat hamparan luassss gurun pasir dan laut yang bener kaya’ ujung dunia,, udah DEAD END ahead!,,
    Kristian yang ragu2 bingung sambil kebayang pacarnya yg lagi nungguin depot galon akua dengan galau itu pun merengek minta pulang,,,, tapi akoe yang kukuh pendiriannya, tidak sombong dan rajin sholat ini tetap pada pendapatkoe bahwa gak ada jalan yang gak bisa pulsar lewatin!,,, hiyahh!!!,, *tariktanganlembutkristian

    Alhasil inilah jalanan turunan yang mungkin cuman tuyul dari desa ciracas yang bisa lewatin *jalannya kecil n turunan lumayan curam 

    Tapi,,, semua jerih payah kita pun membuahkan hasil. Persis kaya jaman Nabi Adam dan Iblis diturunin ke bumi *eh.. gak ada manusia sebiji pun yang ada disana!,,,

    Kristian : “Man ini nanti gimana naeknya nanti? T_T”
    Gw : “kata siapa kita mau pulang, orang motor nanti ditinggal disini aja” 

    NO HUMAN, NO LIVING CREATURE. ONLY HUNDREDS KILOMETERS OF SAND AND ENDLESS SEA

      

    Yak, roda pun kelelep

      

    EmaaaaaaaaaaakkkkK!!!! *anak ilang

    Ni anak mau kemana sih,, gak bisa diem 

    KITA BEGAYA DOELOE LAH YAAAAAA 

    RIP…. 

    Ya elah pake jatoh…

      
    Kehampaan ini,,, rasa galau ini,,,… bercampur baur,, rasa kehilangan atas teman terbaik,, yang baru saja meninggalkan dunia ini ketika seluruh umat baru saja merayakan hari raya Lebaran dan menjelang hari kemerdekaan… dan hari itu pun, ruhnya merdeka.. ,, she leave us with the White Calla Lily fav on top of her coffin and by the song “Kiss the rain” – Yiruma, Her dust after cremation, flows with the sea… Sea that I’m looking at now, hope to see your single dust flows there.. Good bye my friend, we’ll see you again..

    Damn you cancer!.. I promised to myself, I will fight and support for those who hurts and suffers because of that damn disease… !

    OOT sedikit ya,,,, bagian ini agak serius..

    |
    |
    |
    |
    |
    Hmmm,,, setelah asik melihat pantai yang begitu luas dan mengingat apa2 yang terjadi kemarin…. tiba2…. tanda2 kehidupan mulai terlihat! *pokerface.MODE.ON  Ada apakah disanaaaaaa

    Owwhhhh,,, ada manusia!!!! wahhhhh???? apa bener?? *kucek2mata…

    Bah,, dateng dari mana pula??

    “mungkin di khayangan or alam jin sana, gak ada motor pulsar kali ya?? Ya udah apa boleh buat,, kali ini kita buat pameran motor dadakan! 

    Tapi,….. tapi…..

    Apa ini bener?? *kucek2 mata

      

    Lagi asik2 foto motor….

    TIBA TIBA….. wuzzzzzzzzzz,,,, muncul sekelebat 2 mahluk,,,, tampak belakang

    Ok,, yakk,, coba madep depan

      
      

    Ok lah, tampak samping coba sini 

    OK,, kita poto bareng2 sekarang, hehehe
    Nasib manusia ganteng bin rupawan ya begini,, kemana juga ketemunya unyu2… 

    Lho kok malah jadi ada 3?,,

    Hohohoho,,, setelah itu mereka menghilang,, lenyap,,,, meninggalkan 2 manusia lugu ini sendirian,, kebingungan, gimana cara buat ninggalin gurun pasir ini……………… *gimana yak….. {tunggu liputan videonya ya} 

    The Glorious Prides Vest

     

    Part 5 – Perjalanan Pulang

    Kesomplakan pun berlanjut……………..

    Ini cerita tentang 2 insan manusia yang udah kecapean abis nanjak gurun pasir, bawa motor kebo berat lebih dari 100kg, yang kalo jadi beras, cukup buat gw makan setaun..
    Udah capek,, kulit mulai kebakar *bodylotion manaaahhhh???,,, sun block manaaahhh??

    Kristian yang udah capek pun terjatoh di lumpur setelah nanjak dari gurun pasir.
    Sayangnya kejadiannya gak kefoto, ini setelah dia jatoh n bersihin sendal buluknya yang penuh lumpur:

    Kita balik ke penginapan Adel Temon itu,, di tengah jalan ketemu serombongan pulsar (pegasus & ada setiker AMBInya), kira2 ada 5 rider.
    “oooi bro,, *salaman”,, mau kemana?” ” lu lurus aja terus belok kiri, tanya bencong yg ada di warung yang ada papan ski yang cuman separoh yang jualan nasi goreng itu,, tanya pasir putih dimana dah, disana dijamin maknyoosss”
    “Ok lah bro!” BTW lu berdua doang ni kesini? ,,,, “Iya”,,, “BUSET!!”,,,, beneran?? “Iyeeeh,,,”,, hehehehe
    *salamin semua rider*

    Balik kita sampe di penginapan, gak lupa langsung bersihin motor setelah kena aer laut diperjalanan ke pasir putih tadi,, takut kejadian di sawarna,, knalpot gw bolong gara2 aer laut jadi korosi itu…
    Nostalgila balik:

    Ok lah,, karena Kristian juga mau kerja di hari Minggu besok, kita ninggalin pantai ujung genteng, jam 2:30 siang.
    Foto2 lagi 

    Gerbang Sampai Jumpa Kembali

    Diperjalanan pulang kali ini,, rencana semula kita mau lewatin Cikidang lagi buat ngambil video di tikungan2 asik itu lagi,, tapi setelah liat plang Sukabumi,, gw berubah pikiran, ditambah dah semakin sore dan akhirnya… Kita kali ini pulang lewat jalur Lengkong, jalur yang seharusnya kita lewatin pas berangkat itu… *GPS somplak kabeh…

    Ini dia foto2 pas di daerah bukit teh Lengkong

    Jalur Lengkong ini jalur bukit teh, yang jalanannya jauh lebih bagus daripada jalur Kiara 2,,, lubang2nya gak terlalu banyak lah yang penting.
    Jalur yang kita lewatin akhirnya adalah : Lengkong – Cibadak – Sukabumi – Ciawi – Tajur – Bogor – Cimanggis – Pisah sama kristian disini, dia belok ke arah cibubur, sementara gw balik ke Bekasi – Pasar Rebo – Setu – Pondok Gede – Jati Asih – Pekayon…

    Demikian lah, pemirsa yang budiman.. Riding Report dari saya.. Berlandio a.k.a Firman, dari kepulauan Cibubur. Mohon maaf apabila ada kata2 yang kurang berkesan ya,, atau malah kurang bisa dimengerti   :

    Terima kasih Kristian yang udah nemenin jalan, temen2 Cibubur dan Prides yang selalu memonitor, Allah SWT yang selalu melindungi perjalanan ini, dan keluarga yang setia menunggu dirumah 

    ::

    Last edited by berlandio; 03-Sep-2013 at 04:29 PM.

Advertisements

2 thoughts on “[Ride Report] Ujung Genteng”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s