Review 8Ten Action Cam + Tips & Trick agar camera tidak berkabut

Review action cam yang akan saya tulis kali ini adalah mengenai spesifikasi teknis dan juga hasil gambar yang didapat oleh 8Ten Action Camera 1.3 MP. OK. Action cam ini punya beberapa fitur yang dapat dipilih. Dimulai dari fitur picture camera yang memiliki beberapa opsi pengaturan ketika riders menekan tombol menu pada mode camera, resolusi yang dapat dipilih adalah:

  • 5M: 2592 x 1944 px
  • 3M: 2048 x 1536 px
  • 1M: 1280 x 960 px; dan
  • VGA : 640 x 480 px

Dari resolusi yang paling tinggi, gambar yang didapatkan seperti ini:

 photo SUNP0006_zps4cfc630f.jpg

 photo SUNP0007_zps1ff8391b.jpg

Hasilnya cukup baik apabila di siang hari, tapi jangan harap bagus ya begitu malam hari walaupun ada sinar lampu..

Dari sisi kualitas gambar juga dapat dipilih, metering, white balance untuk pengaturan pengambilan gambar pada saat Daylight, Cloudy, Flourescent ataupun Tungsten (pada saat redup/sore/malam hari).  Pengaturan Exposure, Driver Mode (untuk pengaturan timer pengambilan foto : 2second, 10second atau burst). Effect (Normal, B&W, Sephia, Negative, R/G/B.

Kemudian pada pengaturan video, movie size dapat diatur seperti berikut:

  • HD: 1280 x 720
  • 640 x 480; dan
  • 320 x 240

Pada pengaturan HD, memory card saya berukuran 8Gb dapat menampung video dengan durasi 1 jam 30 menit. Sementara untuk 640 x 480 dapat mencapai durasi 3 jam.  Perlu juga dicatat, memory card yang dipakai adalah Class 10 karena apabila tidak hasilnya SD card tidak dapat menyimpan file video.

Hasil video (referensi: youtube)

Bisa didalam air ternyata 😀

Sebenarnya kemarin saya juga sudah mencoba untuk mengambil video, pada jam 11 siang, saat teriknya matahari. Video yang dihasilkan adalah 14 menit, namun pada menit-menit terakhir kamera seperti berembun. Ternyata dikarenakan panas matahari, dan juga panas yang dihasilkan oleh kamera, maka akhirnya terdapat penguapan atas kelembaban kamera dari kondisi awalnya. Untuk itu, untuk mengatasinya, dapat dimasukkan potongan kecil shammy cloth atau lap kanebo kedalam sarung kamera untuk menyerap kelembaban yang ada. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video berikut ini:

Tips dan trick untuk mounting camera pada helm:

 

Advertisements

29 thoughts on “Review 8Ten Action Cam + Tips & Trick agar camera tidak berkabut”

      1. Bro tau gak bro.. skrg uda ada yg 5mp harga beda dikit.. ane dah keburu bayar @.@ nyesel banget

        Like

      2. Tau kok 😀 waktu sebelumnya itu malah emang udah ada tp out of stock. Kan saya bilang di postingan sblmmya. Lalu skrg ada lagi stocknya. Beda dikit harganya mmg. Tp gpp bro, cam ini memang buat tahap belajar aja. Nanti nabung lg buat beli drift HD atau sekalian GoPro

        Like

      3. Yg sabar ya, 😀 udah skrg mainin yg ada aja dulu. Tipsnya: beli microSD sekalian yg besar kapasitasnya,_ max 32gb. Lalu pakai setting video yg paling bagus. Masih lumayan kok. Ntar pas di movie maker/adobe premier bikin output video yg bagus

        Like

      1. Coba oles casing bagian lensa dgn odol. Lalu lap dgn kanebo sampe bersih… Tokcer! Kalau mau jorok. Ludahin casing, menurut teori sih tokcer, tapi sy blm coba yg versi ludah. Silakan googling air liur anti embun.

        Like

  1. Gan mau nanya, klo diliat dari sisi harga, diantara “gopro killer”, ini worthed nggak? Ato ada rekomendasi merk n type lain? Thx ya gan..

    Like

    1. Kalau boleh jujur, cam ini lebih cocok buat yang lagi belajar video aja om. Masalahnya resolusinya kecil banget, jadi kualitasnya ya begitu deh…
      Mending ambil yang harga 1,5 jt ke atas. Nabung dikit lagi om, daripada beli yg murmer tapi ya begitu deh hasilnya..

      Like

      1. uda lama sih belinya cuma jarang saya pake, jadi susah juga retur, hehe
        kalau kurang paham maksud saya itu maksudnya rekam beberapa menit, trus berhenti rekam, jeda beberapa detik dia otomatis rekam lagi video yg baru.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s