Sehari Bersama Mario Iroth – Latihan persiapan Wheel Story 2 (Bali – Makassar – Papua)

Sebenarnya baru beberapa waktu yang lalu saya membuka halaman group Wheel Story semenjak saya membuat akun FB khusus Berlandio Xventure dan membaca banyak perjalanan Mario Iroth, sang petualang yang dengan misi amalnya berkendara dengan motor KLXnya keliling Asia Tenggara. Banyak petualangan dan cerita menarik disana, dan bahkan kiprah sang pengendara dengan misi mulia ini kemudian diliput berbagai media sampai pada salah satu talk show di Net.TV yang saya tonton di youtube channel Mario Iroth.

Untuk yang belum mengetahui apa itu Wheel Story dan siapa itu Mario Iroth dapat mendapatkan informasinya di http://www.wheelstory.org/ dan halaman Fb nya di https://www.facebook.com/groups/1391355044465082/

Sampai pada waktu seminggu yang lalu, sang comrad Jack Xventure memberikan kabar yang cukup mendadak dan membuat saya kaget, Mario Iroth ingin datang dan berlatih dirt bike untuk persiapan Wheel Story 2. Mario yang mendapatkan referensi dari salah satu kawan untuk berlatih bersama Jack, ternyata menghubungi Jack secara langsung dan berniat datang ke rumahnya selagi Mario sedang di Jakarta. Mendengar kabar yang sangat menyenangkan ini, saya akhirnya mengosongkan jadwal pada hari Sabtu kemarin 12 April untuk datang menemani Jack untuk coaching clinic di daerah Limo, yang tidak lain adalah halaman belakang tempat bermain Jack untuk dirt bike.

Serasa tidak percaya, Mario pun berlatih bersama kami dengan Jack sebagai instrukturnya. Mario Iroth dalam persiapan Wheel Story 2 kali ini akan melakukan perjalanan selama 6 bulan melintasi Sulawesi sampai daerah timur Indonesia yaitu Papua. Rute yang akan beliau lewati adalah melalui Makassar, Poso lalu menyebrang ke kepulauan Maluku mengunjungi Halmahera lalu beranjak ke pulau Papua dan mungkin juga sebelumnya ke Raja Ampat, perjalanan yang cuman ada di mimpi saya selama ini. Namun kali ini berbeda dengan perjalanan sebelumnya, Mario berangkat bersama Lilis Handayani sang boncenger, sehingga coaching pada hari itu adalah bagaimana cara riding berboncengan yang baik di berbagai medan.

Coaching dimulai dari bagaimana Mario riding sendiri menggunakan motor Pulsar P220 dengan jalur tanah di Limo yang berkontur seperti lembah luas yang memilik trek tanjakan dan turunan curam, dan kemudian bagaimana cara riding couple atau berboncengan bersama Lilis di trek tersebut. Jack sharing bagaimana pentingnya riding position, kewaspadaan, komunikasi antara rider dan pillion/boncenger, dan juga bagaimana kesatuan jiwa keduanya menjadi pilot dari kendaraan yang ditunggangi sehingga dapat menaklukkan semua medan. Sebelumnya Lilis sempat merasa tidak percaya diri saat mencoba menaklukan tanjakan curam dengan jalur yang sempit, sampai dia akhirnya turun dari motor. Tapi pada percobaan selanjutnya, akhirnya Lilis dapat menjadi percaya diri dan mereka berdua dapat melewati tanjakan tersebut. Kemudian juga Jack memberikan sesi latihan dengan menggunakan dirt bike bagi Mario dari mulai riding position berdiri, menaklukkan tikungan layaknya sedang melesat lurus, dan bagaimana jumping dan menaklukkan turunan dan tanjakan terjal.

Sesi latihan ini juga sangat berguna bagi saya sebagai bagian dari bagaimana menaklukkan medan terjal di kontur tanah yang berundak. Yang pasti, setiap pelajaran tentang bagaimana adventure riding itu selalu menarik dan sangat berguna. Seperti Mario yang tetap mau belajar untuk setiap pelajaran yang ada untuk meningkatkan skill ridingnya. Apalagi, didaerah timur sana, medan yang akan dilalui pastinya sangat sulit mengingat daerah tersebut adalah bagian Indonesia yang paling jarang terjamah.

Salut untuk Mario dan Lilis untuk misi Wheel Story 2 dengan tunggangan yang masih off the record nantinya 🙂 Dari team Jackline pun mensponsori Wheel Story 2 dengan Panniers dengan kapasitas 37ltr dan Tenda xventure rider untuk menemani perjalanan mereka berdua.  Terima kasih sudah mengunjungi kami dan semoga misi yang diemban dan contoh taulanan safety riding dan adventure riding dapat diikuti teman teman kita sesama adventure riders. BRAVO Wheel Story!

 

This slideshow requires JavaScript.

 

Advertisements

4 thoughts on “Sehari Bersama Mario Iroth – Latihan persiapan Wheel Story 2 (Bali – Makassar – Papua)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s