Indonesia Moto Adventure Rally 2014, Melintasi Berbagai Medan Ekstrem

BOGOR – eXtremeINA.com                     Acara yang bertajuk IMA-Rally [Indonesia Moto Adventure Rally] adalah acara lanjutan dari event Prototype sebelumnya ditahun 2013. Namun di tahun 2014 ini lahir forum edukasi, keselamatan dan keterampilan berkendara serta komunitas IRA [Indonesia Ride Adventure]. Sejak Mei 2014 IRA aktif mengadakan acara Coaching Clinic disetiap bulannya guna mengadakan pelatihan untuk berkendara secara adventure. 13 Desember 2014 pukul 06:00 18 tim resmi terdaftar sebagai peserta, yang terdiri dari 3 rider. Dari 40 tim mengerucut menjadi 18 karena beberapa kendala motor yang tidak layak adventure, mental dan bentroknya dengan acara lain.

eXtremeINA-Indonesia Moto Adventure Rally 2014, Event Tahunan Menjadi Sorotan_news (8)

Kelas yang diperlombakan adalah Dual Purpose dan Dirt Bike. Selain dari Jabodetabek ada pula peserta yang berasal dari Lampung dan Palembang. Biaya pendaftaran sebesar Rp.500.000/tim [mendapatkan jersey] dengan kriteria usia 18-60 tahun. Persyaratan yang wajib bagi rider adalah android, kondisi motor yang layak adventure dan kelengkapan berkendara seperti body protector. Panitia melakukan empat kali survey track guna menghindari kendala-kendala yang disertai dengan konfirmasi kepada masyarakat, keaman desa, kepolisian hingga regulator yaitu IMI [Ikatan Motor Indonesia].

Hadiah yang diperebutkan berupa:

Juara 1 cash money Rp.1.500.000 + sertifikat + plekat + jacket eiger + merchandise TVS

Juara 2 cash money Rp.1.000.000 + sertifikat + plekat + merchandise TVS

Juara 3 cash money Rp.700.000 + sertifikat + plekat + merchandise TVS

eXtremeINA-Indonesia Moto Adventure Rally 2014, Event Tahunan Menjadi Sorotan_news (5)

Di event ini para rider dituntut handal membaca  peta/koordinat. 5 pos/check point adalah titik yang harus dicari para rider untuk mendapatkan cap/tanda bukti telah melewati chek point dan mendapatkan tulip diagram menuju pos/check point selanjutnya. Titik start berlokasi di lapangan parkir Magma Workshop Sentul pukul 08:00-11:00 WIB [tim pertama-akhir] dan finish di Curug Cipamingkis Bogor pukul 20:00 WIB [batas akhir waktu]. Tim bermodalkan 1 lembar tulip diagram untuk menuju pos 1 dan barcode untuk mencatat waktu yang ditempuh. Setiap 1 tim melakukan start akan dijeda selama 3 menit untuk tim selanjutnya yang akan melakukan start.

eXtremeINA-Indonesia Moto Adventure Rally 2014, Event Tahunan Menjadi Sorotan_news (6)

Dalam track terdapat panitia dibeberapa titik tertentu/pos bayangan untuk mengawasi jalannya perlombaan dan terdapat pilox orange dengan simbol tertentu beserta tulisan IRA. Fisik dan mental diuji ketika para peserta harus melewati rute jalan tanah yang licin, tebing, single track, melintasi sungai, gravel, macadam, aspal hingga jalur pedesaan yang tersebar dari pos 1 sampai pos 5, Pos 1 sampai pos 2 tidak terlalu banyak halang rintang, karena masih banyak jalan desa yang dilalui, rintangan berat tersaji dari pos 3 sampai pos 4. Perlombaan yang dikemas dalam konsep permainan yang edukatif, fun dan mengutamakan kerjasama tim ini rupanya cukup menyulitkan para rider, terbukti tidak sedikit rider yang mengalami masalah mulai dari terjatuh, tersesat hingga mengalami kebocoran pada block mesin.

eXtremeINA-Indonesia Moto Adventure Rally 2014, Event Tahunan Menjadi Sorotan_news (7)

Antusias warga desa yang akses jalan utamanya menjadi salah satu treck perlombaan cukup hangat, terlihat beberapa warga dari anak kecil sampai dewasa asik menonton dan tepukan tangan hingga sorak cukup memberikan sedikit dukungan kepada para rider. Suasana sejuk tersaji di garis finish, Banyak tim yang tiba di garis Finish lebih dari waktu yang telah ditetapkan panitia. Setelah perlombaan selesai para rider terlihat sedang melakukan sharing, makan, dan ada juga beberapa yang mendirikan tenda sendiri karena tenda yang disediakan dari sponsor tidak cukup. Fasilitas yang disediakan oleh Kawasan Wisata Curug Cipamingkis sangat nyaman dan bersih. Mulai dari mushola, warung makan hingga MCK tampak bersih.

 

http://extremeina.com/?p=7842

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s