Blunder Parah Facebook – Harus Pakai Nama Asli

image

Yo riders, siapa yang gak kenal Facebook, sosial media paling tenar saat ini? Tapi siapa juga yang akhir-akhir ini terkena imbas kebijakan baru FB dimana ID Profile harus sesuai dengan nama yang tertera di kartu identitas (ktp, kartu kredit, atau surat resmi lainnya yang menunjukkan nama asli kita).

Blunder? Jelas!! Buat saya ini merupakan hal yang paling konyol, absurb, sekaligus pembodohan! Di dunia maya orang bebas mengekspresikan dirinya, termasuk nama yang digunakannya di dunia maya, itulah kenapa FB bisa setenar sekarang. Belum lagi para user di seluruh dunia  yang memakai FB  dengan nickname sebagai media berdagang, beriklan, promosi dll?? Dan ini jawab juru bicara FB mengenai hal ini:

“Kami percaya secara fundamental ini mengarah ke akuntabilitas yang lebih besar dan lingkungan yang lebih aman dan lebih terpercaya bagi orang-orang yang menggunakan layanan facebook. Sudut pandang ini telah dikembangkan oleh para peneliti internal kami dan juga setelah berkonsultasi dengan sejumlah pakar keamanan dan perlindungan anak,” ujar juru bicara Facebook. http://www.infoteknologi.com/berita/kebijakan-nama-asli-facebook-dipertanyakan-blogger-china/

Menurut saya si alasan diatas sangat ga masuk akal, bagaimana ceritanya setelah sekian lama saya pakai FB sejak 2007, FB tiba-tiba memaksa saya login ulang (session expired) dan begitu saya masukkan email dan password, muncul layar “Confirm Your Identity”, nama FB saya “Berlandio Xventure” harus di verifikasi kebenarannya dengan mengupload foto id card, what so ever, untuk dapat menggunakannya lagi..tapi karena tentunya saya tidak bisa verifikasi saya pilih “Update Name”, menjadi “Berlandio Prime” dan bisa lanjut tanpa harus upload id card…. Konyol gak tu? Hal serupa terjadi ke banyak kawan-kawan adventurer yang pakai nick name di FB, banyak yang akhirnya pakai nama asli mereka, tapi banyak juga yang mengganti nama belakangnya saja tapi tetap ada identitas nick name mereka. Newsfeed pun berhamburan nama-nama baru yang saya gak bisa kenal sebelum melihat foto profilenya >>> another hole for imposters!!

image

Dengan id baru Berlandio Prime, saya lanjut surfing riang gembira di FB, sampai 3 hari kemudian saya diminta harus mengupload id card yang dapat membuktikan nama tersebut adalah asli..(lihat pic diatas) Sungguh konyol?! Kenapa kemarin diberikan opsi update name kalau ujung-ujungnya harus tetap upload id card???

Facebook bagi kebanyakan orang sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka dan sepertinya BLUNDER yang dilakukan mereka ini sangat merugikan banyak orang, terutama para Nick Names yang sudah dikenal banyak orang. Mungkin sudah saatnya pindah sosmed??!!

Yang pasti Facebook, you’re screwed!!!

Advertisements

5 thoughts on “Blunder Parah Facebook – Harus Pakai Nama Asli”

  1. iya neeeh Gan… Tim Facebook Cari Penyakit, Ane baru 2 hari ini dapat settingan baru lg dr facebook,sangat merugikan banget buat Facebookers yg dah bertahun2 mengaksesnya,skg di paksa pakai nama asli di tambah harus upload tanda pengenal,memangnya kita mau Ikut pemilu … Hadeeeeh … Now, Facebook are Fuckbook …

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s