Prides Online Community

Prides on Sportzmaxx.com

Prides: Penjelajah Sekaligus ‘Perekam’ Wisata Eksotis

Komunitas ini berawal dari sebuah forum perbincangan di sebuah situs di dunia maya pada awal 2008. Dari sana sesama penyuka motor sebuah merk dari India ini secara intens sepakat membentuk sebuah komunitas motor.
Seiring waktu, mereka mencari nama yang pas sebagai tanda eksistensi. Terciptalah nama Prides [Pulsar Rider Society] sebagai penanda keberadaan komunitas yang kini beranggota hampir seribuan di seluruh Indonesia dan bahkan Asia Tenggara.
Kegiatan yang paling ‘heboh’ adalah jalan-jalan dengan motor ke tempat-tempat yang ‘kurang  terjamah’  di seluruh Indonesia. Tak sekedar jalan-jalan biasa, kebiasaanrider Prides adalah ‘merekam perjalanan dengan tulisan dan foto-foto yang notabene sebagai pelengkap tulisan.  Kebiasaan ini mereka sebut RR [Riding Report].
”Jadi, teman-teman disini memang senang bercerita tentang perjalanan atau tur mereka, dengan tulisan dan foto. Tulisan gaya bebas dan foto-foto yang lucu-lucu selama perjalanan”, papar Dono Andomo, salah satu pendiri Prides pada Sportzmaxx.
“Kami mengharamkan sirine dan lampu strobo saat touring, dan kami jarang bergerombol terlalu banyak, paling banyak 5 – 6 orang dalam satu kelompok”, imbuh Rangga, Ketua Prides.
Foto-foto perjalanan dari yang puitis sampai yang lucu-lucu serta tulisan gaya bebas menjadi menu yang layak untuk dinikmati para penggila travel. Boleh buktikan di http://www.prides-online.com, kebiasaan RR yang dicetuskan tahun 2009 sudah mendarah daging di setiap anggota komunitas berlambang kepala srigala ini.
”Karena kalau dari jauh, bagian lampu depan motor terlihat seperti kepala serigala, lampu motor pun seperti mata srigala”, papar Rangga yang karyawan salah satu perusahaan swasta ini.
Menurut Rangga, logo srigala tak semata-mata ide pribadi, tetapi merupakan hasilpooling dari anggota Prides.
“Semua anggota biasa meng-update RR mereka via gadget secara realtime.  Hal ini yang membedakan kita dengan klub atau komunitas lain”, terang Dono.
Menurut Dono yang juga karyawan swasta ini, rider Prides boleh dibilang peka IT [Informasi & Teknologi]. Karena termasuk extreme sports, Prides melindungi anggotanya dengan asuransi.
”Syukur kini ada asuransi yang melindungi kegiatan extreme sports kami”, kata Dono.
Secara tidak langsung, Prides menjadi pendukung pariwisata di Indonesia karena para rider menyusuri tempat-tempat yang berpotensi menjadi objek wisata. Dalam waktu dekat, para rider Prides akan melakukan perjalanan yang cukup ekstrem ke Teluk Kiluan Lampung  sekitar akhir Desember ini.
Teluk Kiluan Lampung terkenal sebagai tempat migrasi lumba-lumba. Hampir setiap hari kita bisa menjumpai  lumba lumba jenis mulut botol ini yang  berseliweran di sekitar Teluk Kiluan. Jumlah mereka bergerombol dan lumayan banyak. Wow ! Kami tunggu RR nya ya bro !
«[Text rvanzdvnda | Photo courtesy of Prides-online.com]

——-ULASAN SINGKAT & PERKEMBANGAN PRIDES——

Prides-Kechap&Wakechap-Chibi-chibi

Seiring dengan perkembangannya, PRIDES membuka siapa saja orang yang mau bergabung dengan forum ini walaupun tidak menggunakan motor Pulsar/ Bajaj. Pengguna motor lain seperti Ninja, Scorpio, V-ixion, Megapro, hingga matic seperti Vario pun ada yang bergabung. Atas dasar itulah PRIDES tidak lagi menjadi Pulsar RIDErs Society, namun cukup “PRIDES”. Suatu forum kebanggaan yang tidak terbentuk atas dari kepemilikan salah satu produk, tapi lebih kepada KEKELUARGAAN para anggotanya. Prides tidak hanya menggalakan Brotherhood namun lebih dari itu yaitu Familyhood.

Dengan konsep seperti itu, anggota baru forum PRIDES meningkat pesat. Hingga kini, PRIDES telah terdiri dari 19 chapter dari Sumatera, Jawa hingga Sulawesi. Dan anggota forumnya tersebar hampir dari Aceh hingga Papua, bahkan ada yang aktif dari Singapore. Member terdaftar hingga Juli 2013 ini tercatat hingga 5400an.

Forum prides-online.com
Forum Prides tidak hanya mengulas tentang aktifitas para anggota dan chapternya tetapi lebih dari itu, selalu ada topik-topik menarik seputar Modifikasi Body/Performance/Kaki-kaki/Kelistrikan/Aksesoris, Tips&Trik Safety Riding, Jual Beli, Ride Report, Ekstra Kurikuler, dan yang terpenting adalah forum Nge-Junk! Di kala forum lain meminimalisir junk posting (postingan tidak berisi) agar bandwidth server mereka tidak meledak, Prides malah menganjurkan membernya untuk aktif ngejunk. Padahal biaya pengelolaan server dilakukan secara swadaya oleh para member bukan bantuan dari sponsor atau lainnya. Tingkatan junkerpun bermacam-macam dilihat berapa kali posting yang dilakukan. Mulai dari Biker Cungkuo (abal-abal) hingga Kuncen Prides. Reputation para member ditentukan dari berapa jumlah CENDOL (Good Reputation Point) yang diberikan oleh member lain.

Ride Report

Untuk mendapatkan banyak ‘Cendol’ seorang member biasanya perlu membuat thread/artikel mengenai Ride Report (RR), artikel tips&trik, dan artikel bermanfaat lainnya. Penulisan Ride Report adalah salah satu ajang eksplorasi para anggota Prides untuk menceritakan tentang perjalanan mereka menikmati alam-alam Indonesia. Berbagai cerita dan foto unik ditampilkan secara khas pada tiap Ride Report. RR yang telah terdokumentasikan di forum Prides mungkin sudah berjumlah ratusan. Penulisan RR adalah suatu hal yang bergengsi di Prides, karena dari hal ini dapat memudahkan member tersebut untuk mendapatkan OAP (Official Attribute Prides). Rompi Prides, Peneng/Plat Anggota, dan Pin Logam Prides adalah salah satu OAP yang paling bergengsi.

Jambore Nasional

Prides-Jamnas5-banner

Tiap tahun, Prides mengadakan Jambore Nasional (Jamnas). Jamnas adalah ajang temu kangen para member forum online di darat. Chapter terdekat dari tempat kota tujuan biasanya menjadi tuan rumah yang sibuk-sibuk menyiapkan jamuan para tamu dari seluruh nusantara. Di ajang ini kita akan bertemu dengan bermacam bentuk motor para anggota Prides. Berbagai modifikasi dan variasi yang bisa menjadi referensi kita semua.

Jamnas pertama diadakan di Yogyakarta, kedua di Cirebon (Jabar), ketiga di Salatiga (Jateng), keempat di Pacet (Jatim) dan di penghujung 2013 ini, Jamnas ke-V diadakan di Jatiluhur-Purwakarta, Jawa Barat. Kota Purwakarta dikelilingi oleh berbagai chapter terdekat seperti Chapter Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Bintaro, Bandung, Cirebon dan Cilegon-Serang. Soo…dipastikan Jamnas kali ini akan dihadiri oleh lebih dari 750an member aktif Prides. Mereka yang sudah akrab nge-junk di forum online akan langsung bertatapmuka dan tentunya akan begitu mengakrabkan keduanya, dibanding mereka yang belum pernah kenal di forum online.

Sekian ulasan singkat saya mengenai forum tercinta ini. Bila anda masih penasaran, silakan registrasi di www.prides-online.com dan berselancar hingga puas. Seperti yang sudah pernah diwanti-wanti oleh para sesepuh Prides terdahulu, ketagihan tidak ditanggung :)

Advertisements

7 thoughts on “Prides Online Community”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

..:: poenyakoer ::..

SWIM || RIDE || FIRSTAID

Pistonerseastriders's Blog

Just another WordPress.com site

setia1heri.org

gado-gado blog...

macantua.com

all about ride, drive and life........

Ratnodeswara

behind the wheels

BladeusMagz

Bladeus Magazine - All About Automotive - Humor - Games - and Many More....

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

DISCOVERIDEA

Berbagi cerita seputar dunia Otomotif, Travelling dan Soloriding

TAF Motorcycle Blog

Motorcycle News and Gossip!!!

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

POS RONDA | Indonesia's Political Infotainment

Indonesia's Political Infotainment

"Inspired by the Road"

#ProgoMoto | a Modern-Day Motorcycle Commuter

Urusan Pegawai, Kuliner, Biker....

Bergulir seperti roda berputar.... mengikuti kemana angin berhempus.... berpacu dengan Sumber Kencono......

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

advpulsar's Blog

A great WordPress.com site

Nanared's Blog

BRADERHUD TAK TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU.

ladanghoki

Tempatku berbagi,Tempat SUKSESKU

jatimotoblog

Agregator blog jawa timur

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

#99bro

RIDER ROBOT OMPONG / keamanan dan kenyamanan yang utama.. kecepatan adalah bonusnya

%d bloggers like this: